Hubungan Antara Latihan Fisik Dan Kapasitas Vital Paru Pada Siswa Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Siswanto, Agus and , dr. Sri Wahyu Basuki, M.Kes. and , dr. Endang Widhiyastuti (2014) Hubungan Antara Latihan Fisik Dan Kapasitas Vital Paru Pada Siswa Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (746kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img]
Preview
PDF (Nasakah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Latar Belakang : Kapasitas vital paru merupakan jumlah maksimum yang dapat dikeluarkan dari paru setelah terlebih dahulu mengisi paru secara maksimum dan kemudian mengeluarkan sebanyak-banyaknya (kira-kira 4.600 ml). Salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas vital paru adalah dengan olahraga latihan fisik pencak silat. Latihan fisik merupakan aktivitas untuk meningkatkan keterampilan (kemahiran) berolahraga dengan menggunakan berbagai peralatan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan cabang olahraganya. Latihan fisik memerlukan waktu yang relatif lama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Berdasarkan Departemen Kesehatan tahun 2002, di Indonesia prevalensi kurangnya aktivitas fisik pada penduduk usia lebih dari 10 tahun mencapai angka 48,2%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara latihan fisik dan kapasitas vital paru padasiswa pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Besar sampel berjumlah 42 orang. Sampel adalah orang yang ikut pencak silat dan yang tidak ikut pencak silat dengan umur 17-25 tahun. Data diperoleh dari pengukuran. Data diambil dengan uji T. Hasil : Penelitian ini dilakukan dengan uji statistik uji T tidak berpasangan antara yang ikut pencak silat dan yang tidak ikut pencak silat, dengan hasil nilai p = 0,003. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara latihan fisik dan kapasitas vital paru pada siswa pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital, Latihan fisik.v
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2014 07:36
Last Modified: 20 Oct 2021 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28149

Actions (login required)

View Item View Item