STUDI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOSERBA MITRA SUKOHARJO

SUYANTO , SUYANTO (2008) STUDI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOSERBA MITRA SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100000080.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
B100000080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara atribut konsumen yang terdiri dari tingkat usia, tingkat pendidikan, dan tingkat penghasilan dengan atribut Toserba yang terdiri dari harga barang, pelayanan dan lokasi Toserba dan mengetahui atribut yang paling erat hubungannya terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam berbelanja di Toserba Mitra Sukoharjo. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat membuat rencana dan strategi pemasaran yang baik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis chi square. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Toserba Mitra Sukoharjo, sedangkan sampel penelitian adalah 50 pelanggan Toserba Mitra Sukoharjo dengan acciddental sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hubungan antara usia dengan harga barang diperoleh nilai χ2hitung adalah 35,463 > 16,919; sehingga usia mempunyai hubungan yang signifikan dengan harga barang dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo. Hubungan antara usia dengan pelayanan diperoleh nilai χ2hitung adalah 30,745 > 16,919; sehingga usia mempunyai hubungan yang signifikan dengan pelayanan dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo.Hubungan antara usia dengan lokasi diperoleh nilai χ2hitung adalah 17,863 > 16,919; sehingga usia mempunyai hubungan yang signifikan dengan lokasi dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo. Untuk masalah pendidikan diketahui bahwa hubungan antara pendidikan dengan harga barang diperoleh nilai χ2hitung adalah 17,890 > 16,919; sehingga pendidikan mempunyai hubungan yang signifikan dengan harga barang dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo. Hubungan antara pendidikan dengan pelayanan diperoleh nilai χ2hitung adalah 20,756 > 16,919; sehingga pendidikan mempunyai hubungan yang signifikan dengan pelayanan dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo dan Hubungan antara pendidikan dengan lokasi diperoleh nilai χ2hitung adalah 44,299 > 16,919; sehingga pendidikan mempunyai hubungan yang signifikan dengan lokasi dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo. Untuk masalah penghasilan diketahui bahwa hubungan antara penghasilan dengan harga barang diperoleh nilai χ2hitung adalah 28,185 > 16,919; sehingga penghasilan mempunyai hubungan yang signifikan dengan harga barang dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo. Hubungan antara penghasilan dengan pelayanan diperoleh nilai χ2hitung adalah 18,217 > 16,919; sehingga ; penghasilan mempunyai hubungan yang signifikan dengan pelayanan dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo. Hubungan antara penghasilan dengan lokasi diperoleh nilai χ2hitung adalah 18,293 > 16,919; sehingga penghasilan mempunyai hubungan yang signifikan dengan lokasi dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo. Usia dengan lokasi merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di Toserba Mitra Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Usia, pendidikan, penghasilan, harga, pelayanan, lokasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Jun 2009 02:53
Last Modified: 16 Nov 2010 19:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2813

Actions (login required)

View Item View Item