Penerapan Metode Kontekstual Dengan Media Pembelajaran Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Surakarta

Yulianto, Dwi Erfian and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Penerapan Metode Kontekstual Dengan Media Pembelajaran Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (432kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Surakarta pada materi teorema Pythagoras dengan metode kontekstual menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash. Jenis penelitian adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa SMP Muhammadiyah 6 Surakarta, yang berjumlah 29 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode observasi, catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik analisi data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus-menerus dan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indicator keaktifan belajar siswa meliputi: 1) siswa yang berani bertanya sebelum tindakan 17,24%, pada siklus I meningkat menjadi 41,40%, dan pada siklus II meningkat menjadi 72,41%, 2) siswa yang memperhaitkan guru sebelum tindakan 34,48%, pada siklus I meningkat menjadi 51,72%, dan poada siklus II meningkat menjadi 82,76%, 3) siswa yang mau mengerjakan soal sebelum tindakan 27,59%, pada siklus I meningkat menjadi 48,28%, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,76%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode kontekstual dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, kontekstual, Macromedia Flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 05:40
Last Modified: 19 Oct 2021 11:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item View Item