Uji Efek Ekstrak Etanol 70% Daging Buah Asam Jawa (Tamarindus indica L) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total dan Trigliserida pada Tikus Putih Jantan(Rattus norvegicus) Galur Wistar dengan Dislipidemia

Taqwin, Rizky Maidisya and , Dr. dr. EM Sutrisna, M. Kes and , dr. Devi Usdiana Rosyidah, M.Sc (2013) Uji Efek Ekstrak Etanol 70% Daging Buah Asam Jawa (Tamarindus indica L) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total dan Trigliserida pada Tikus Putih Jantan(Rattus norvegicus) Galur Wistar dengan Dislipidemia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (755kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

Latar Belakang : Asam Jawa ( Tamarindus indica L) merupakan tanaman tradisional yang berpotensi sebagaipenurun kadar kolesterol total dan trigliserida, khasiat tersebut di sebabkan oleh kandungan flavonoid, pholiphenol dan pectin yang terdapat di dalamnya. Mekanisme kerja pectin adalah mengikat asam empedu dan kolesterol sehingga menghambat pembentukan misel dan menurunkan arbsorbsi kolesterol di usus. Tujuan Penelitian : Mengetahui efek ekstrak etanol 70% daging buah asam jawa (Tamarindus indica L) terhadap kadar kolesterol total dan trigliserida tikus yang diinduksi Triton X-100 dan mengetahui kandungan ekstrak dari uji KLT Metode Penelitian : Eksperimental laboratorik, rancangan penelitian pretest – posttest with control group design. Hewan uji dibagi dalam 5 kelompok perlakuan masing-masing kelompok 5 ekor tikus. Kelompok I : kontrol positif (Simvastatin 0,72mg/200gBB), kelompok II : kontrol negatif (CmcNa), kelompok III, IV, V : ekstrak etanol 70% daging buah asam jawa dengan dosis berturut-turut 50mg/200gBB, 40mg/200gBB, dan 20mg/200gBB. Kandungan senyawa ekstrak diuji dengan profil KLT mengunakan plat silica gel. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji ANOVA data penurunan kolesterol total dan trigliserida pada hari ke 7 pemberian ekstrak nilai probabilitas signifikan (p) : 0,000 dengan demikian p<0,05 maka efek pada 5 kelompok perlakuan terdapat perbedaan penurunan kadar glukosa darah secara bermakna. Kemudian untuk mengetahui perbandingan setiap kelompok dilanjutkan uji LSD, pada uji penurunan kolesterol total dan trigliserida pada hari ke 7 diperoleh hasil antara kelompok kontrol negatif (II) dengan semua kelompok (I,III,IV,V) pada uji penurunan kadar trigliserida nilai signifikansi adalah 0,000.(p<0,05). Hasil uji, dan hasil uji penurunan kolesterol total di dapatkan nilai antara kelompok kontrol negatif (II) : kelompok (I)= 0,000, (II):(III)=0,000, (II):(IV)=0,002, (II):(V)=0,001, dengan demikian p< 0,05. KLT diperoleh kandungan ekstrak etanol 70% daging buah asam jawa yaitu flavonoid, terpenoid, alkaloid, dan fenolik. Kesimpulan : Pemberian ekstrak etanol 70% daging buah asam jawa (Tamarindus indica L) dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida pada tikus yang diinduksi Triton X-100. Hasil uji KLT terdapat senyawa berupa flavonoid, alkaloid dan fenolik yang di percaya berperan penting pada penurunan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daging buah asam jawa (Tamarindus indica L), Triton X-100,Kolesterol, Trgliserida, KLT (Kromatografi lapis Tipis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2014 12:38
Last Modified: 03 Nov 2021 22:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28122

Actions (login required)

View Item View Item