Analisis Komparatif Resiko Keuangan Antara PT. Bank Negara Indonesia Tbk Dan PT. Bank Negara Indonesia Syariah Tbk Periode 2010-2012

Billadina, Nawangsasih and , Jati Waskito S.E., M.Si (2014) Analisis Komparatif Resiko Keuangan Antara PT. Bank Negara Indonesia Tbk Dan PT. Bank Negara Indonesia Syariah Tbk Periode 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (450kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lembaga keuangan perbankan merupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting dalam perekonomian, baik perbankan konvensional maupun syariah sama-sama memberikan kontribusi penting bagi masyarakat. Oleh karena itu salah satu unsur yang sangat diperhatikan adalah kinerja bank tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat resiko keuangan antara PT. Bank Negara Indonesia dan PT.Bank Negara Indonesia Syariah selama periode 2010-1012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari website masing-masing bank. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskriminan (Z-Score) yang dikembangkan oleh Altman. Dari hasil analisis data diketahui bahwa tingkat resiko keuangan Bank Negara Indonesia berada pada kategori tingkat resiko tinggi karena mempunyai nilai Z-Score dibawah 1,81 (0,492<1,81) sedangkan Bank Negara Indonesia Syariah juga termasuk kedalam tingkat resiko yang tinggi karena nilai Z-Score-nya berada dibawah 1,81 (1,227<1,81). Perbandingan tingkat resiko keuangan menggunakan hasil analisis diskriminan (Z-Score) menunjukkan bahwa kedua bank berada pada posisi resiko tinggi. Namun nilai Z-Score Bank Negara Indonesia Syariah lebih tinggi dibanding Bank Negara Indonesia Konvensional, yang berarti resiko keuangan Bank Negara Indonesia Syariah lebih rendah dibanding Bank Negara Indonesia Konvensional. Rendahnya Z-Score mengindikasikan bahwa kedua bank berada pada posisi bisnis beresiko tinggi dan apabila tidak tidak dilakukan pengelolaan bisnis secara baik dapat menyebabkan kepailitan jangka panjang atau kebangkrutan pada bank tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, Resiko Keuangan, Z-Score
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2014 08:31
Last Modified: 16 Oct 2021 13:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28112

Actions (login required)

View Item View Item