Peningkatan Kreativitas Belajar Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2013 / 2014

Listyaningrum, Ari Anggraini (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (976kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (301kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (470kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Meningkatkan kreatifitas belajar Bahasa Indonesia melalui penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jumapolo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Jumapolo. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 1 Jumapolo sebanyak 28 siswa yaitu 17 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara,tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreatifitas belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kreatifitas belajar awal siswa 39,28% dengan prosentase siswa yang mencapai KKM ada 42,86%. Pada siklus I kreatifitas belajar siswa meningkat menjadi 56,65% dan siswa yang mencapai KKM 60,71%. Siklus II kreatifitas belajar siswa mencapai 85,26% dan siswa yang telah mencapai KKM ada 85,71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas, belajar, metode, tutor sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2014 07:54
Last Modified: 10 Mar 2014 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28110

Actions (login required)

View Item View Item