Penggunaan Strategi Genius Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2013 2014

Setiani, Ririn and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penggunaan Strategi Genius Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2013 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (997kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika melalui penggunaan strategi Genius Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Muhammadiyah 2 kauman Surakrta yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan obyek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa.Metode pengumpulan data melalui metode observasi,wawancara, test dan dokumentasi. Teknik analis data melalui diskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adannya peningkatan hasil belajar melalui penggunaan startegi Genius Learning. Hal inidapat dilihat dari :1) keaktifan kerjasama dalam kelompok yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 39,02% dan setelah tindakan mencapai 82,93%,2) Menjawab pertanyaan yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 43,90% dan setelah dilaksanakn tindakan mencapai 80,48%, 3)kekatifan mengerjakan soal yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 34,14% dan setelah tindakan mencapai 75,60%, 4)keaktifan mengemukakan pendapat yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 36,58% dan setelah dilaksanakan tindakan mencapai 78,04%. Kesimpulan penelitian ini adalah Penggunaan strategi Genius Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika siswa kelas VB SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan , Genius Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2014 07:46
Last Modified: 19 Oct 2021 02:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28109

Actions (login required)

View Item View Item