Penerapan Strategi Pembelajaran Intelligence Mapping Presentation Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014

Dewi, Betty Fitria and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Intelligence Mapping Presentation Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_ILMIAH_SKRIPSI.pdf

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui strategi Intelligence Mapping Presentation. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yang berperan sebagai pemberi tindakan adalah peneliti yang bertindak sebagai guru kelas V, dan yang berperan sebagai penerima tindakan adalah siswa kelas VA SD Negeri II Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah partisipasi belajar dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa kelas VA SD Negeri II Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Hal ini dapat ditunjukkan dari rata-rata prosentase partisipasi belajar siswa sebelum tindakan dilaksanakan yaitu 55%. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 63,75% dan dilanjutkan dengan tindakan siklus II partisipasi belajar siswa mengalami kenaikan secara signifikan menjadi 75%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Siswa yang mencapai KKM > 65 sebelum tindakan adalah 50% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 70% dan siklus II adalah 80%. Secara keseluruhan dengan menggunakan strategi Intelligence Mapping Presentation dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di kelas VA SD Negeri II Wonoboyo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi belajar , IPS, Intelligence Mapping Presentation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2014 07:38
Last Modified: 19 Oct 2021 02:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28108

Actions (login required)

View Item View Item