Hubungan Indeks Massa Tubuh Dengan Kadar Kolesterol Total Pada Guru Dan Karyawan SMA Muhammadiyah 1 Dan 2 Surakarta

Nugraha, Aziz and , dr. Sigit Widyatmoko, Sp. PD, M. Kes. and , dr. Nining Lestari (2014) Hubungan Indeks Massa Tubuh Dengan Kadar Kolesterol Total Pada Guru Dan Karyawan SMA Muhammadiyah 1 Dan 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Bab_V.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (318kB)

Abstract

Status gizi orang dewasa dapat dipantau secara sederhana dengan menggunakan indeks massa tubuh khususnya status gizi yang berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh yang merupakan salah satu faktor terpenting untuk menentukan risiko seseorang untuk menderita penyakit pembuluh darah jantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dengan kadar kolesterol total pada guru dan karyawan di SMA MUHAMMADIYAH 1 dan 2 Surakarta. Desain penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 96 guru dan karyawan SMA MUHAMMADIYAH 1 dan 2 Surakarta. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan lembar persetujuan dan kuesioner, mengukur tinggi badan dan berat badan, kemudian mengukur kadar kolesterol total. Data dianalisis menggunakan uji komparatif Chi- Square. Sampel terbanyak berjenis kelamin pria sebanyak 49 sampel. Kelompok umur di dominasi umur 50-60 tahun sebanyak 34 sampel. Indeks massa tubuh dan kadar kolesterol total dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu berlebih dan normal. Hasil analisis Chi- Square didapatkan nilai p = 0,773 (p > 0,05) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan indeks massa tubuh dengan kadar kolesterol total. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan indeks massa tubuh dengan kadar kolesterol total pada guru dan karyawan SMA MUHAMMADIYAH 1 dan 2 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indeks Massa Tubuh (IMT), Kadar Kolesterol Total, Guru dan Karyawan SMA MUHAMMADIYAH 1 dan 2 Surakarta
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2014 10:54
Last Modified: 20 Oct 2021 03:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28099

Actions (login required)

View Item View Item