Liking On Facebook (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Penggunaan Menu Like Untuk Mempertahankan Hubungan Interpersonal Dalam Situs Facebook Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Putri, Rosiana Eka (2014) Liking On Facebook (Studi Deskriptif Kualitatif Motivasi Penggunaan Menu Like Untuk Mempertahankan Hubungan Interpersonal Dalam Situs Facebook Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (208kB)

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, hubungan interpersonal dapat dibentuk melalui media teknologi komunikasi tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Dengan adanya Facebook seseorang dapat dengan mudah menjaga hubungannya dengan orang lain. Dari aplikasi-aplikasi yang ada dalam Facebook aplikasi menu like menjadi salah satu aplikasi yang digunakan oleh pengguna Facebook untuk motif-motif tertentu termasuk dalam mempertahankan hubungan interpersonal dengan orang lain. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana motivasi penggunaan menu like untuk mempertahankan hubungan interpersonal dalam situs Facebook pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan mengapa Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggunakan menu like untuk mempertahankan hubungan interpersonal dalam situs Facebook. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan 22 informan yang telah dipilih oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menu like itu digunakan untuk menyukai posting tertentu yang dianggap menarik oleh mereka. Pada penelitian ini, peneliti menemukan beberapa jenis motif yang mendorong seseorang dalam menggunakan menu like untuk mempertahankan hububungan interpersonal dengan pengguna Facebook lainnya. Menu like sendiri dapat diformulkasikan sebagai bentuk komunikasi interpersonal, sebagai bentuk perhatian, sebagai bentuk kedekatan, untuk menunjukkan kesukaan yang sama, untuk pemecahan suatu masalah, untuk membalas teman, unruk bersosialisasi, dan menu like juga dapat untuk membantu teman. Pengguna Facebook melakukannya karena mereka tidak perlu lagi menuliskan pesan melalui komentar dan chatting untuk tetap menjaga hubungannya dengan teman melalui Facebook

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Facebook, Menu Like, Hubungan Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 07 Mar 2014 12:17
Last Modified: 07 Mar 2014 12:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28087

Actions (login required)

View Item View Item