Hubungan Keintiman Keluarga Dengan Pemberian Asi Eksklusif Pada Balita Umur 6-12 Bulan Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Paduraksa Kabupaten Pemalang

Liliasari, Mega Sukma and , dr. Yusuf Alam Romadhon, M.Kes and , dr. Andika Candrasari, M. KEs (2014) Hubungan Keintiman Keluarga Dengan Pemberian Asi Eksklusif Pada Balita Umur 6-12 Bulan Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Paduraksa Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (220kB)

Abstract

Latar belakang: ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi baru lahir sampai berumur enam bulan tanpa makanan dan minuman lain kecuali obat. Salah satu yang mempengaruhi keberhasilan menyusui adalah keintiman dalam keluarga. Keluarga intim adalah keluarga yang mampu menciptakan suasana harmonis dan terlibat hubungan pola tripatrit ayah, ibu dan anak. Suami yang terlibat dalam pengasuhan anak dan mendukung istri dapat meningkatkan keberhasilan istri dalam menyusui. Tujuan : Mengetahui hubungan keintiman keluarga dengan pemberian ASI Eksklusif pada balita umur 6-12 bulan di Posyandu wilayah kerja Puskesmas Paduraksa Kabupaten Pemalang. Metode penelitian: Menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel 30 responden(pasangan suami istri) yang memiliki balita umur 6-12 bulan di Posyandu wilayah kerja Puskesmas Paduraksa Kabupaten Pemalang. Uji yang digunakan Chi-square dengan instrumen penelitian mengggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Tipe masyarakat agraris, didominasiusia 26-35 tahun,pendidikan terakhir SMA dan pekerjaanibu rumah tangga. Dari 30 responden terdapat 16 balita mendapat ASI Eksklusif. Responden dengan keintiman kurang terdapat 1 balita, responden dengan keintiman cukup terdapat 9 balita, dan responden dengan keintiman baik terdapat 6 balita. Didapatkan hasil Chi-square p=0,007 dan hasil Fisher exact test p=0,012. Aspek keintiman keluarga paling dominan adalah keintiman emosional dan keintiman rekreasi. Kesimpulan. Terdapat hubungan signifikan antara keintiman keluarga dengan pemberian ASI Eksklusif pada balita umur 6-12 bulan di Posyandu wilayah kerja Puskesmas Paduraksa Kabupaten Pemalang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keintiman Keluarga, ASI Eksklusif, Balita umur 6-12 bulan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 06:04
Last Modified: 20 Oct 2021 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28050

Actions (login required)

View Item View Item