Hubungan Tingkat Atopi Dengan Kejadian Asma Pada Anak Umur 3-10 Tahun Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta

Supraba, Rosinta Dhanis and , dr. Riana Sari Sp.P and , dr. Indriyati Oktaviano R (2014) Hubungan Tingkat Atopi Dengan Kejadian Asma Pada Anak Umur 3-10 Tahun Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Latar Belakang: Asma merupakan inflamasi kronis saluran napas yang melibatkan banyak sel dan elemennya. Atopi merupakan suatu faktor herediter sebagai kerentanan terhadap rinitis alergi, asma dan dermatitis atopik pada keluarga. Banyaknya penelitian tentang prevalensi asma pada anak dan adanya hubungan antara atopi dengan kejadian asma pada anak, maka perlu penelitian lebih lanjut tingkat atopi untuk mengetahui besarnya resiko anak yang menderita penyakit atopi dengan manifestasi asma. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat atopi dengan kejadian asma pada anak umur 3-10 tahun di BBKPM Surakarta Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional yang dilakukan pada 31 pasien anak umur 3-10 tahun yang berobat jalan di Klinik Anak BBKPM Surakarta. Penelitian dilakukan pada bulan November - Desember 2013. Data penelitian tingkat atopi berasal dari pengisian kuisioner kartu deteksi dini risiko alergi oleh wali anak dan diagnosis asma diperoleh berdasarkan definisi operasional oleh PNAA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Chi Square dengan alternatif uji Fisher pada SPSS for Windows. Hasil: Analisis data menggunakan uji Fisher dengan bantuan SPSS for Windows didapatkan hasil angka probabilitas sebesar 0,020 yang berarti p<0,05, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat atopi dengan kejadian asma pada anak umur 3-10 tahun di BBKPM Surakarta. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat atopi dengan kejadian asma pada anak umur 3-10 tahun di BBKPM Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Atopi, Asma pada Anak
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 05 Mar 2014 12:03
Last Modified: 20 Oct 2021 03:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28041

Actions (login required)

View Item View Item