Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Industri Dan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011

Puspitasari, Anggi (2013) Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Industri Dan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (771kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Industri dan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan seperti (current ratio, debt to equity ratio, total asset turnover, dan net profit margin) dalam memprediksi perubahan laba pada perusahaan industri dan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2011. Prediksi perubahan laba sangat penting pengaruhnya bagi para investor dalam pengambilan keputusan investasi. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri dan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2007 sampai dengan 2011 yang menerbitkan laporan keuangannya pada tahun tersebut dan tidak memiliki laba negatif. Dengan kriteria tersebut, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang diterbitkan di ICMD (Indonesia Capital Market Directory). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi yang diuji dengan uji asumsi klasik. Pada uji asumsi klasik tidak ditemukan masalah multikolinieritas, pada uji heteroskedastisitas juga tidak ditemukan masalah dalam model, dan pada uji autokorelasi tidak ditemukan masalah dalam model, pada uji normalitas data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa variabel debt to equity ratio dan total asset turnover mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap perubahan laba. Sedangkan variabel current ratio dan net profit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: current ratio, debt to equity ratio, total asst turn over, net profit margin, laba perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Mar 2014 09:49
Last Modified: 05 Mar 2014 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28031

Actions (login required)

View Item View Item