Pengaruh Tingkat Kesadaran, Pengetahuan Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kondisi Keuangan Serta Tarif Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Badan ( Studi Kasus Pada Kpp Pratama Sukoharjo )

Haryuda, Agil Anggara and , Dr.Triyono, S.E., M.Si (2013) Pengaruh Tingkat Kesadaran, Pengetahuan Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kondisi Keuangan Serta Tarif Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Badan ( Studi Kasus Pada Kpp Pratama Sukoharjo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (556kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lima variabel independen yaitu kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan, sanksi perpajakan, kondisi keuangan dan tarif pajak terhadap kepatuhan membayar pajak, dan untuk mengetahui intensitas pengaruh signifikan tiap variabel independen dalam mempengaruhi kepatuhan membayar pajak (dependen). Penelitian ini merupakan penelitian dengan data primer, metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode Incidental Sampling, dengan kriteria perusahaan industri menengah dan besar yang terdaftar di KPP PRATAMA Sukoharjo, perusahaan yang melakukan kewajibannya dalam membayar pajak. Jumlah sampel berdasarkan kuesioner yang telah disebar sebanyak 60 kuesioner dan dipilih sesuai kriteria ada 40 perusahaan yang dapat diolah. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. t (t-test), Uji reliabilitas, Uji validitas Uji asumsi klasik juga digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel kesadaran membayar pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak, Variabel pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak. Variabel kondisi keuangan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak. Variabel sanksi perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak. Variabel tarif pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan dan kondisi keuangan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak, sedangkan variabel sanksi perpajakan dan tarif pajak tidak berpengaruh terhadap variabel kepatuhan membayar pajak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepatuhan membayar pajak, kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan, sanksi perpajakan, kondisi keuangan dan tarif pajak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 06:50
Last Modified: 31 Oct 2021 14:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28014

Actions (login required)

View Item View Item