Pengaruh Dana Alokasi Umum, Pendapatan Asli Daerah, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran, Dan Luas Wilayah Terhadap Anggaran Belanja Modal (Studi Empiris Pada Kabupaten/Kota Di Pulau Jawa)

Wardania, Tika Kusuma and , Dr.Erma Setyawati, Ak.,MM (2013) Pengaruh Dana Alokasi Umum, Pendapatan Asli Daerah, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran, Dan Luas Wilayah Terhadap Anggaran Belanja Modal (Studi Empiris Pada Kabupaten/Kota Di Pulau Jawa). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul”Pengaruh dana alokasi umum, pendapatan asli daerah, sisa lebih pembiayaan anggaran, dan luas wilayah terhadap anggaran belanja modal studi empiri pada kabupaten/kota di Pulau Jawa”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh dana alokasi umum terhadap anggaran belanja modal, untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh pendapatan asli daerah terhadap anggaran belanja modal, untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh sisa lebih pembiayaan anggaran terhadap anggaran belanja modal, dan untuk mendapatkan bukti empiris tentang luas wilayah terhadap anggaran belanja modal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah statitik deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder diperoleh dari laporan realisasi APBD. Populasi penelitian ini adalah wilayah kabupaten/kota diseluruh Pulau Jawa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 104 kabupaten/kota. Di Jawa Barat terdiri atas 16 kabupaten dan 10 kota. Di Jawa tengah terdiri atas 29 kabupaten dan 6 kota. Di Yogyakarta terdiri atas 4 kabupaten dan 1 kota. Di Jawa Timur terdiri atas 29 kabupaten dan 9 kota. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda yang menggambarkan hubungan antara dana alokasi umum, pendapatan asli daerah, sisa lebih pembiayaan anggaran dan luas wilayah sebagai variabel independen terhadap variabel dependen yaitu anggaran belanja modal. Uji asumsi klasik yaitu normalitas, multikolonieritas dan heteroskedastisitas tidak terjadi penyimpangan. Hasil penelitian melalui uji parsial menyatakan bahwa dana alokasi umum, pendapatan asli daerah, berpengaruh signifikan terhadap anggaran belanja modal, sedangkan sisa lebih pembiayaan anggaran dan luas wilayah tidak berpengaruh signifikan terhadap anggaran belanja modal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dana alokasi umum, pendapatan asli daerah, sisa lebih pembiayaan anggaran, luas wilayah, dan anggaran belanja modal.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 06:21
Last Modified: 31 Oct 2021 14:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28013

Actions (login required)

View Item View Item