Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B Di PAUD Gratis Asy-Syifa Cinderejo Lor Rt 01, Rw 05, Gilingan, Banjarsari, Surakarta Tahun 2013/2014

Setianingsih, Yunita Verawati (2014) Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B Di PAUD Gratis Asy-Syifa Cinderejo Lor Rt 01, Rw 05, Gilingan, Banjarsari, Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (980kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di PAUD Gratis Asy-Syifa Gilingan, Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media Flash Card dengan subyek anak kelompok B PAUD Gratis Asy-Syifa Gilingan, Surakarta yang berjumlah 12 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi adalah mengamati pengembangan kemampuan membaca permulaan anak mulai dari sebelum ada tindakan, pada saat proses pembelajaran setelah ada tindakan, hingga pada akhir proses pembelajaran. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah PAUD Asy-Syifa Gilingan, Surakarta untuk mengetahui metode pembelajaran membaca permulaan di PAUD ASy-Syifa Gilingan, Surakarta, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran membaca permulaan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan hasil prosentase pencapaian setiap anak dengan skor maksimum yang telah ditentukan melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tindakan pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui media flash card diperoleh hasil pada sebelum dilakukan tindakan 25%, siklus I mencapai 34,72%, siklus II mencapai 73,91%, siklus III mencapai 93,6%. Dengan demikian upaya mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B PAUD Asy-Syifa Gilingan, Surakarta tahun ajaran 2013/2014 dikatakan berhasil karena hasil pada siklus III mencapai 93,6% melebihi target keberhasilan yaitu 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, flash card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2014 12:53
Last Modified: 04 Mar 2014 12:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28008

Actions (login required)

View Item View Item