Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Benda Replika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gedongan Tahun 2013/2014

Marizka, Azmi Cahya and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Benda Replika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gedongan Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (622kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media benda replika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gedongantahun 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SD Negeri 1 Gedongan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan menggunakan media benda replika di SD Negeri 1 Gedongan. Pada siklus I pertemuan ke-1 keterampilan menulis karangan pada siswa mencapai 32.35% (11 siswa yang sudah mencapai KKM dari 34 siswa), mengalami peningkatan tetapi belum signifikan pada siklus I pertemuan ke-2 menjadi 50% (17 siswa yang sudah mencapai KKM dari 34 siswa). Pada siklus II pertemuan ke-1 peningkatan prosentase keterampilan menulis karangan menjadi 82.35% (28 siswa yang sudah mencapai KKM dari 34 siswa). Adapun peningkatan prosentase pada siklus II pertemuan ke-2 menjadi 88.23% (30 siswa yang sudah mencapai KKM dari 34 siswa). Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media benda replika dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VSD Negeri 1 Gedongan tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, menulis, karangan, media, benda, replika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 09:14
Last Modified: 19 Oct 2021 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27994

Actions (login required)

View Item View Item