Penggunaan Metode Urw (Urai, Ruang, Dan Waktu) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD N V Jekulo Kudus Tahun 2013/2014

Sukusda, Prihandini (2014) Penggunaan Metode Urw (Urai, Ruang, Dan Waktu) Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD N V Jekulo Kudus Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Hal_Depan.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (487kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa SD Negeri V Jekulo Kudus Tahun 2013/2014 melalui penggunaan metode URW (Urai, Ruang, dan Waktu). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam peneltian ini adalah Guru V SD Negeri V Jekulo Kudus dan Siswa V SD Negeri V Jekulo Kudus yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Prosedur penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Tehnik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan pada pra siklus nilai rata-rata dari 22 siswa adalah 63,13 dengan jumlah 13 siswa dengan presentase 59,10 % mendapatkan nilai di bawah KKM dan 9 siswa dengan presentase 40.90 % siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Pada siklus I nilai rata-rata siswa pada pertemuan I mencapai 69,54 dengan 15 siswa dengan presentase 68,18% mendapatkan nilai di atas KKM dan 7 siswa dengan presentase 31,82% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Pertemuan II nilai rata-rata siswa mencapai 72,63 dengan jumlah 17 siswa dengan presentase 77,2% mendapatkan nilai di atas KKM dan 5 siswa dengan presentase 22,8% mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode URW (Urai, Ruang, dan Waktu) dapat meningkatkan keterampilan mengarang siswa SD Negeri V Jekulo Kudus Tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengarang, URW (Urai, Ruang, dan Waktu)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 08:07
Last Modified: 04 Mar 2014 08:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27982

Actions (login required)

View Item View Item