Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Mojoreno Kecamatan SidoharjoKabupaten Wonogiri Tahun 2013/2014

Cahyaningrum, Marta (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Mojoreno Kecamatan SidoharjoKabupaten Wonogiri Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri dengan penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 24 siswa dan peneliti yang bertindak sebagai guru kelas IV. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan strategi Think Pair Share (TPS) menunjukkan bahwa ada peningkatan tiap siklusnya dari, rata-rata presentase motivasi mengalami kenaikan dari kondisi awal presentase 25% pada siklus I pertemuan pertama menjadi 37,5 % kemudian pada pertemuan kedua menjadi 45,83%. Pada siklus II masih dengan penerapan strategi Think Pair Share dengan rata-rata presentase pertemuan pertama 70,83% dan pada pertemuan kedua menjadi 87,5%. Selain itu hasil belajar juga meningkat pada kondisi awal 37,5%, pada siklus I meningkat menjadi 54,16% sedangkan pada siklus II 87,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2013/2014

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, IPA, Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2014 09:22
Last Modified: 03 Mar 2014 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27970

Actions (login required)

View Item View Item