Peningkatan Kedisiplinan Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Think Pair Share ( PTK Siswa Kelas X IPS 3 Semester Gasal SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2013/2014)

Sari, Dewi Apriliana Nur Cahaya (2014) Peningkatan Kedisiplinan Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Think Pair Share ( PTK Siswa Kelas X IPS 3 Semester Gasal SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (622kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kedisiplinan dan kemampuan komunikasi matematika bagi siswa kelas X IPS 3 Semester Gasal SMA Muhammadiyah 1 Surakarta melalui strategi Think Pair Share dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 35 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan kedisiplinan dan kemampuan komunikasi matematika. (1) Peningkatan kedisiplinan belajar matematika, (a) taat pada peraturan sebelum tindakan sebesar 14,28% dan diakhir tindakan menjadi 80%, (b) tepat waktu sebelum tindakan sebesar 17,14% dan diakhir tindakan menjadi 74,28%. (2) Peningkatan kemampuan komunikasi (a) menyatakan ide matematika melalui berbicara sebelum tindakan 11,42% dan diakhir tindakan menjadi 74,28%, (b) menuliskan ide matematika sebelum tindakan 8,57% dan diakhir tindakan menjadi 71,42%, (c) menggambarkan ide matematika sebelum tindakan 8,57% dan diakhir tindakan menjadi 68,57, (d) menjelaskan konsep – konsep mathematika sebelum tindakan 5,71% dan diakhir tindakan menjadi 62,87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Think pair Share dapat meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan komunikasi matematika pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, kemampuan komunikasi matematika, think pair share
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 08:13
Last Modified: 01 Mar 2014 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27958

Actions (login required)

View Item View Item