Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Project Based Learning (PTK pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014)

Dani, Arif Yanuar and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Project Based Learning (PTK pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (734kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika dengan penerapan pendekatan saintifik melalui metode Project Based Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Subjek pelaksana tindakan penelitian adalah guru matematika kelas VII A dibantu peneliti sebagai observer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, metode tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) adanya peningkatan minat belajar matematika yang meliputi indikator : a) siswa yang aktif bertanya (18,18%) dan sesudah tindakan (63,63%), b) siswa yang memperhatikan pada saat proses pembelajaran (24,24%) dan sesudah tindakan (72,72%), c) siswa yang senang mengikuti pembelajaran (21,21%) dan sesudah tindakan (78,78%) dan (2) adanya peningkatan hasil belajar matematika yang meliputi indikator nilai tes yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM ≥ 70) sebelum tindakan (27,27%) dan sesudah tindakan (87,87%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik melalui metode Project Based Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat; Project Based Learning; saintifik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 07:53
Last Modified: 02 Nov 2021 23:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27957

Actions (login required)

View Item View Item