Implementasi Pendekatan Kontekstual Dengan Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Dan Hasil Belajar Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2013/2014)

Cahyanti, Eni Nur (2014) Implementasi Pendekatan Kontekstual Dengan Strategi Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Dan Hasil Belajar Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (221kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa bagi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta melalui implementasi pendekatan kontekstual dengan strategi Rotating Trio Exchange dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes.Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama implementasi pendekatan kontekstual dengan strategi Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan komunikasi matematika dan hasil belajar siswa. Kedua peningkatan komunikasi belajar matematika yaitu (a) siswa memiliki kemampuan dalam membaca wacana matematika dari kondisi awal 18,18% siklus I 68,75% siklus II 87,88%, (b) siswa yang memiliki kemampuan mengembangkan bahasa dan simbol matematika dari kondisi awal 15,15% siklus I 37,50% siklus II 84,85% (c) siswa yang memiliki kemampuan siswa merumuskan dan memecahkan masalah dari kondisi awal 12,12% siklus 62,50% siklus II 81,82% .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematika, hasil belajar, kontekstual, Rotating Trio Exchange (RTE)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 07:21
Last Modified: 01 Mar 2014 07:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27955

Actions (login required)

View Item View Item