Analisis Aspek Kognitif Pada Soal-Soal Buku Ajar Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013

Rizkiawan, Hery (2014) Analisis Aspek Kognitif Pada Soal-Soal Buku Ajar Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal-soal pada buku ajar matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 yang ditinjau dari aspek kognitif menurut TIMSS 2011. Aspek kognitif menurut TIMSS 2011 diantaranya: mengetahui (knowing), menerapkan (applying) dan penalaran (reasoning). Untuk itu dipilih buku ajar matematika kelas VII yang mengacu kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis soal-soal yang ditinjau dari aspek kognitif menurut TIMSS 2011 yang terdapat pada buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aspek kognitif mengetahui (knowing) pada buku ajar yang diteliti terdapat 167 butir soal dengan persentase 48,97%. (2) Aspek kognitif menerapkan (applying) pada buku ajar yang diteliti terdapat 129 butir soal dengan persentase 37,9%. (3) aspek kognitif penalaran (reasoning) pada buku ajar yang diteliti terdapat 42 butir soal dengan prosentase 12,3%. Dari penjabaran di atas diperoleh hasil bahwa kurang pemerataan antar aspek. Buku lebih menekankan pada aspek mengetahui (knowing), sehingga sebenarnya buku yang diteliti ini masih kurang layak untuk digunakan sebagai acuan proses pembelajaran. Buku masih perlu banyak revisi untuk memperoleh kesempurnaan isi dari buku ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek kognitif mengetahui (knowing), menerapkkan (applying), penalaran (reasoning)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 06:47
Last Modified: 01 Mar 2014 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27953

Actions (login required)

View Item View Item