Penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu)

Pristi, Ovika (2014) Penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together bagi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu. Siswa kelas XI Perawatan Kesehatan berperan sebagai subjek penerima tindakan yang berjumlah 33 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika dalam penerapan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1)menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan (27,27%), pada putaran I (33,3%), pada putaran II (60,60%), dan pada putaran III (84,84%), (2)mengajukan pertanyaan kepada guru, sebelum dilakukan penelitian (6%), pada putaran I (12,12%), pada putaran II (45,45%), dan pada putaran III (63,63%), (3) mengemukakan pendapat dalam pembelajaran matematika, sebelum dilakukan penelitian (15,15%), pada putaran I(24,24%), pada putaran II (33,33%), dan pada putaran III(51,51%), (4) mempresentasikan hasil pekerjaan dalam pembelajaran matematika, sebelum dilakukan penelitian(9,09%), pada putaran I (18,18%), pada putaran II (39,39%), dan pada putaran III (60,60%), (5) hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri meningkat, sebelum tindakan (42,42%), pada putaran I (60,60%), pada putaran II (66,66%), dan pada putaran III (75,75%). Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar; hasil belajar; cooperative learning; numbered heads together.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 06:20
Last Modified: 01 Mar 2014 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27952

Actions (login required)

View Item View Item