Pristi, Ovika and , Drs. Ariyanto, M.Pd. (2014) Penerapan Strategi Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (245kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (215kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together bagi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu. Siswa kelas XI Perawatan Kesehatan berperan sebagai subjek penerima tindakan yang berjumlah 33 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika dalam penerapan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1)menjawab pertanyaan dari guru, sebelum tindakan (27,27%), pada putaran I (33,3%), pada putaran II (60,60%), dan pada putaran III (84,84%), (2)mengajukan pertanyaan kepada guru, sebelum dilakukan penelitian (6%), pada putaran I (12,12%), pada putaran II (45,45%), dan pada putaran III (63,63%), (3) mengemukakan pendapat dalam pembelajaran matematika, sebelum dilakukan penelitian (15,15%), pada putaran I(24,24%), pada putaran II (33,33%), dan pada putaran III(51,51%), (4) mempresentasikan hasil pekerjaan dalam pembelajaran matematika, sebelum dilakukan penelitian(9,09%), pada putaran I (18,18%), pada putaran II (39,39%), dan pada putaran III (60,60%), (5) hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri meningkat, sebelum tindakan (42,42%), pada putaran I (60,60%), pada putaran II (66,66%), dan pada putaran III (75,75%). Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar; hasil belajar; cooperative learning; numbered heads together. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2014 06:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27952 |
Actions (login required)
View Item |