Implementasi Strategi Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Surakarta

Ulfa, Nur Fitriana (2014) Implementasi Strategi Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (603kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1)Pengaruh strategi flipped classroom terhadap kamampuan kognitif siswa dalam belajar matematika,(2)Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa dalam belajar matematika,(3)Pengaruh Interaksi antara strategi flipped classroom ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini berjenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan 31 siswa dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan 31 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Barlet. Dari hasil penelitian pada α = 5% diperoleh: (1)Tidak ada pengaruh strategi flipped classroom terhadap kemampuan kognitif siswa dalam belajar matematika dengan FA=3.839,(2)Tidak ada pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa dalam belajar matematika dengan FB=1.151,(3)Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi flipped classroom ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa dalam belajar matematika dengan FAB=0.137.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Kemampuan Kognitif, Keaktifan.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 06:08
Last Modified: 01 Mar 2014 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27951

Actions (login required)

View Item View Item