Hubungan Antara Minat Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 8 MTs PPMI Assalam Surakarta (Tahun Pelajaran 2012/2013)

Fatimah, Fatimah and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2013) Hubungan Antara Minat Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 8 MTs PPMI Assalam Surakarta (Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (443kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKA_PUBLIKASI.pdf

Download (996kB)

Abstract

Aspek yang sangat penting dalam mempengaruhi keberhasilan sebuah proses belajar adalah minat. Minat sendiri juga merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan prestasi siswa. Selama ini kegiatan belajar mengajar mata pelajaran bahasa Arab di MTs PPMI Assalam berlangsung dengan baik, dan terlebih lagi basic atau latar belakang dari MTs PPMI Assalam adalah pesantren yang kental akan pembelajaran agama termasuk pada mata pelajaran bahasa Arab. Akan tetapi tidak semua siswa menaruh minat yang tinggi pada mata pelajaran tersebut. Tinggi rendahnya minat belajar siswa akan sangat berpengaruh terhadap prestasi yang akan diraih. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Minat Siswa Kelas 8 MTs PPMI Assalam Surakarta dalam belajar bahasa Arab. 2) Apakah terdapat hubungan antara minat dengan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas 8 MTs PPMI Assalam Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Minat Siswa Kelas 8 MTs PPMI Assalam Surakarta dalam belajar bahasa Arab. 2) Apakah terdapat hubungan antara minat dengan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas 8 MTs PPMI Assalam Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket, dokumentasi dan observasi yang kemudian dianalisis dengan cara 1) Mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, 2) Mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, 3) Menyajikan data tiap variabel yang diteliti, 4) Melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah dan 5) Melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam menyimpulkan hipotesis yaitu menggunakan rumus prosentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Minat belajar bahasa Arab Kelas 8 MTs PPMI Assalam rendah. 2) Terdapat hubungan antara minat dan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas 8 MTs PPMI Assalam Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Ditemukan bahwa interpretasi sederhana hasil perhitungan rxy dibandingkan dengan r tabel ternyata rxy adalah lebih besar dari pada r tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Karena perolehan rxy 0,707 sedangkan r tabel pada taraf signifikan 5%= 0,304 dan pada taraf signifikan 1%=0,393. Dari sini dapat diketahui terdapat korelasi yang tinggi atau kuat dalam hubungan minat dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Karena rxy lebih besar daripada r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun signifikan 1%, maka hipotesis alternatif diterima, sedang hipotesis nihil ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab mempengaruhi minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 28 Feb 2014 12:59
Last Modified: 29 Oct 2021 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27947

Actions (login required)

View Item View Item