Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013)

Setyowati, Sulis and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran pendidikan karakter merupakan istilah yang sudah mendapatkan pengakuan di masyarakat pada modernisasi ini. Dalam pengembangan pendidikan karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang sangat penting. Guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya dan bermoral. Oleh karena, itu guru PAI mempunyai tugas sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator, fasilitator, inspirator, inisiator, dan korektor dalam upaya peningkatan karakter siswa, agar karakter siswa dapat dibentuk mulai sejak dari dini menjadi individu yang baik dan berakhlak mulia. Dari latar belakang tersebut maka penulis dapat merumuskan masalahnya yaitu bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan karakter siswa di SDIT Hidayaturrahman Sragen. Manfaat penelitian ini yaitu menambah hazanah pengetahuan tentang pentingnya pendidikan karakter. Bagi guru, dapat menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas diri terutama dalam masalah akhlak sehingga selalu menjadi teladan bagi siswanya. Bagi sekolah, dapat menjadi bahan masukan dalam meningkatkan pembinaan pada guru-gurunya terutama dalam masalah akhlak. Bagi penulis, dapat menjadi bahan evaluasi diri karena kelak akan menjadi guru agar senantiasa memperbaiki akhlak. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru tahfidz, guru akidah akhlak, guru fikih, guru quran hadist. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah menganalisis data yaitu dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI di SDIT Hidayaturrahman Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 melakukan peran sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, informator, pemimpin, motivator, fasilitator, inspirator, inisiator, dan korektor dalam meningkatkan karakter siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 28 Feb 2014 12:46
Last Modified: 29 Oct 2021 14:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27945

Actions (login required)

View Item View Item