Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IX Semester 1 MTs Negeri Surakarta 1 Tahun Pelajaran 2013/2014)

Supriyadi, Bambang (2014) Peningkatan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IX Semester 1 MTs Negeri Surakarta 1 Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
jurnal_publikasi.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini termasuk termasuk jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas IX H MTs Negeri Surakarta 1. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Menyelesaikan tugasnya sendiri sebelum tindakan 20% dan di akhir tindakan 71,43%, (2) Mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum tindakan 14,29% dan di akhir tindakan 71,43%, (3) Percaya pada diri sendiri sebelum tindakan 14,29% dan di akhir tindakan 77,14%, (4) Mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 22,86% dan di akhir tindakan 74,29%. Nilai siswa yang mencapai KKM ≥ 65 sebelum tindakan 17,41% dan di akhir tindakan 82,86%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar, Creative Problem Solving
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 11:18
Last Modified: 28 Feb 2014 11:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27938

Actions (login required)

View Item View Item