Peningkatan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Tahun 2013/ 2014 )

Muningsih, Nunuk (2014) Peningkatan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Tahun 2013/ 2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_Publikasi.pdf

Download (823kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika pokok bahasa teorema pythagoras dalam pembelajaran matematika melalui strategi Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP N 1 Teras Boyolali, yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep matematika pokok bahasan teorema pythagoras. Hal ini dilihat dari indikator motivasi: 1) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 30% dan setelah tindakan 86,67%, 2) aktif dalam pembelajaran sebelum tindakan 16,67% dan setelah tindakan 86,67%, 3) memiliki semangat berkompetisi dalam prestasi sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 83,33%. Sedangkan indikator pemahaman konsep: 1) mengklasifikasikan jenis-jenis segitiga dengan diketahui sisi-sisinya sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 83,33%, 2) menyatakan ulang konsep pythagoras sebelum tindakan 16,67% dan sesudah tindakan 83,33%, 3) memilih contoh dan bukan contoh dari konsep pythagoras sebelum tindakan 26,67% dan setelah tindakan 86,67%, 4) mengaplikasikan konsep pythagoras sebelum tindakan 36,33% dan setelah tindakan 86,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi; konsep matematika; SAVI
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 11:12
Last Modified: 28 Feb 2014 11:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27937

Actions (login required)

View Item View Item