Penerapan Concept Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas VII C Semester Gasal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014

Habibah , Umi (2014) Penerapan Concept Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas VII C Semester Gasal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dengan menggunakan pembelajaran Concept Mapping. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 31 siswa, dan subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua kali putaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika, hal ini dapat dilihat dari:1) siswa mampu menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 23,33 % (7 siswa) dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 70% (21 siswa),2) siswa dapat memberikan tanggapan tentang jawaban peserta didik lainsebelum tindakan 16,67% (5 siswa) dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 66,67% (20 siswa), 3) siswa mampu membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifatsifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsepsebelum tindakan 10% (3 siswa) dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 53,33% (16 siswa). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran Concept Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 2 Surakarta pada pokok bahasan perbandingan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: concept mapping, pemahaman konsep
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 10:38
Last Modified: 28 Feb 2014 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27935

Actions (login required)

View Item View Item