Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Logaritma ( PTK Pada Siswa Kelas X AK Semester Ganjil SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2013/2014)

Salamah, Fitri and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Logaritma ( PTK Pada Siswa Kelas X AK Semester Ganjil SMK Prawira Marta Kartasura Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (246kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X AK SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa dengan penerapan strategi pembelajaran inquiry pada pokok bahasan logaritma. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inquiry pada pokok bahasan logaritma dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X AK SMK Prawira Marta Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : (1) kemampuan siswa dalam mengubah bentuk yang satu ke bentuk yang lain menunjukkan peningkatan dari 60% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. (2) kemampuan siswa dalam memberikan contoh menunjukkan peningkatan dari 52% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. (3) kemampuan siswa dalam meringkas menunjukkan peningkatan dari 60% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. (4) kemampuan siswa dalam menjelaskan menunjukkan peningkatan dari 40% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: logaritma; pemahaman konsep matematika; strategi pembelajaran inquiry
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 08:25
Last Modified: 19 Oct 2021 11:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27934

Actions (login required)

View Item View Item