Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Realistik (PTK Pada Siswa Kelas VIIIH Semester Genap MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2013/2014)

Isrotun, Umi (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Realistik (PTK Pada Siswa Kelas VIIIH Semester Genap MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (683kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (624kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui penerapan pembelajaran matematika realistik bagi siswa kelas VIII H MTs Negeri Surakarta II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VIII H sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 41 siswa dan guru matematika sebagai subyek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator: 1)siswa yang mampu menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan 30%, setelah tindakan 74,36%, 2) siswa yang mampu membedakan contoh dan non contoh sebelum tindakan 17,5%, setelah tindakan 66,67%, 3) siswa yang mampu memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep sebelum tindakan 17,5%, setelah tindakan 74,36%, dan 4) siswa yang mampu mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu sebelum tindakan 20% setelah tindakan 69,23%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, pembelajaran matematika realistik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 07:51
Last Modified: 28 Feb 2014 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27932

Actions (login required)

View Item View Item