Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Pemanfaatan Gelas Plastik Bekas Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Aljabar (PTK Pada Siswa Kelas VII MTs N 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Ulfah, Ria Risti and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Pemanfaatan Gelas Plastik Bekas Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Aljabar (PTK Pada Siswa Kelas VII MTs N 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (805kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_FULLTEX.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CTL dengan pemanfaatan gelas plastik bekas untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pemahaman konsep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIID MTs N 1Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) kemampuan siswa dalam menyatakan ulang konsep sebanyak 36 siswa (90%), 2) kemampuan siswa dalam memberikan contoh sebanyak 34 siswa (85%), 3) kemampuan siswa dalam menyajikan ke dalam bentuk representasi matematika sebanyak 31 siswa (77,5%), dan 4) kemampuan mengaplikasikan konsep sebanyak 35 siswa (85%). Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dengan pemanfaatan gelas plastik bekas dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada aljabar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, CTL, gelas plastik bekas
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 07:38
Last Modified: 19 Oct 2021 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27931

Actions (login required)

View Item View Item