Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Problem Solving Pada Pokok Bahasan Perbandingan (PTK pada Siswa Kelas VIIB Semester Gasal SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Rahmawati, Rena (2014) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Scientific Dengan Model Problem Solving Pada Pokok Bahasan Perbandingan (PTK pada Siswa Kelas VIIB Semester Gasal SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (361kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (688kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pendekatan scientific dengan model pembelajaran problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator yaitu: 1) Kemampuan siswa dalam mengekspresikan ide-ide matematika baik secara lisan, tertulis atau dengan menggambarkannya secara visual (bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat) sebelum 21,43% dan di akhir tindakan menjadi 61,91%; 2) Kemampuan siswa dalam memahami, menyetujui dan menyanggah pendapat siswa lain (diskusi, menyampaikan hasil kerja kelompok, tanya jawab) sebelum tindakan 19,05% di akhir tindakan menjadi 52,38%; 3) Kemampuan siswa dalam mengubah kalimat yang terdapat pada permasalahan menjadi model matematika (dalam bentuk simbol, notasi, diagram) sebelum tindakan 23,81% dan di akhir tindakan menjadi 54,76%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan scientific dengan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa bagi siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematika, scientific, problem solving
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2014 06:12
Last Modified: 28 Feb 2014 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27925

Actions (login required)

View Item View Item