Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 01 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014

PAMILIH, RATNA DWI and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 01 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (646kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_SKRIPSI.pdf

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik kelas V di SD Negeri 01 Wonolopo Tasikmadu Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 01 Wonolopo yang berjumlah 30 peserta didik. Sumber data berasal dari peserta didik kelas V, guru kelas V, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik (metode). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif komparatif untuk data kuantitatf yakni membandingkan antar siklus meliputi pengolahan data, penyajian data, membandingkan data, menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata minat belajar IPS peserta didik mengalami peningkatan. Pada Perasaan suka dan senang terhadap pembelajaran meningkat dari 59% (Pra Siklus) menjadi 76% (Siklus I) hingga menjadi 88% (Siklus II). Pada Indikator Berpartisipasi Aktif dalam pembelajaran juga meningkat dari 54% (Pra Siklus) menjadi 72% (Siklus I) hingga menjadi 87% (Siklus II). Pada Indikator Ketertarikan dalam pembelajaran juga meningkat dari 57% (Pra Siklus) menjadi 70% (Siklus I) hingga menjadi 82% (Siklus II). Pada Indikator Perhatian dalam pembelajaran juga meningkat dari 53% (Pra Siklus) menjadi 74% (Siklus I) hingga menjadi 85% (Siklus II). Sedangkan untuk Nilai Rata-rata dan ketuntasan hasil belajar IPS menunjukkan bahwa sebelum tindakan nilai rata-rata hasil belajar IPS hanya mencapai 69 dengan persentase ketuntasan 53%, pada siklus I bisa meningkat menjadi 83 dengan persentase ketuntasan 77%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84 dengan persentase ketuntasan 97%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran Quick on the Draw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS pada Peserta didik kelas V SD Negeri 01 Wonolopo pada Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quick on the Draw, Minat Belajar, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Feb 2014 13:03
Last Modified: 19 Oct 2021 02:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27923

Actions (login required)

View Item View Item