Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Serenan Tahun Ajaran 2013/2014

ZASTI, AULIA and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Serenan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (917kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media gambar kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri 2 Serenan tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V dan guru kelas V SD Negeri 2 Serenan yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA, dengan penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media gambar sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri 2 Serenan tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, rata-rata motivasi belajar siswa sebelum tindakan 49,99%. Setelah dilaksanakan tindakan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 68,93% pada siklus I dan di akhir tindakan motivasi belajar siswa mencapai rata-rata sebesar 82,94% pada siklus II. Selain motivasi belajar siswa meningkat, hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan 42,42%, setelah dilakasanakan tindakan hasil belajar siswa sebesar 72,72% pada siklus I dan akhir tindakan hasil belajar siswa sebesar 87,87% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Guided Note Taking melalui media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA SD Negeri 2 Serenan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi; belajar, guided note taking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Feb 2014 12:55
Last Modified: 19 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27921

Actions (login required)

View Item View Item