Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi LSQ (Learning Starts With A Question) Dengan Media Kertas Berpetak Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2013/2014”.

FABIARDHI, AFRIZAL and , Dr. Samino (2014) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi LSQ (Learning Starts With A Question) Dengan Media Kertas Berpetak Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2013/2014”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (961kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question Dengan Media Kertas Berpetak. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 25% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 50% pada siklus I (mengalami peningkatan 25%), dan di akhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 81,25% pada siklus II (mengalami peningkatan 31,25%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question Dengan Media Kertas Berpetak dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Tahun 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil, belajar, learning, starts, with, a question, kertas, berpetak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Feb 2014 12:26
Last Modified: 08 Nov 2016 01:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27918

Actions (login required)

View Item View Item