Peranan Kegiatan Kepramukaan dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Mentaati Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri I Sawahan, Ngemplak, Boyolali Tahun 2013/2014

SILVIANA, RATIH and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peranan Kegiatan Kepramukaan dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Mentaati Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri I Sawahan, Ngemplak, Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (741kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKAS1.pdf

Download (394kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan (1) Peranan kegiatan kepramukaan terhadap peningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib (2) Realita pelaksanaan kegiatan kepramukaan sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib (3) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan kepramukaan sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib di SDN I Sawahan, Ngemplak, Boyolali. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Sumber data terdiri atas informan, tempat (peristiwa), dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Observasi (2) Wawancara mendalam (3) Studi dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi data dan informan review. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan kepramukaan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap waktu, cara berpakaian, dan bertingkah laku (2) Kegiatan kepramukaan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang menarik dan menantang serta menggunakan berbagai metode yang bervariasi. Kedisiplinan diajarkan melalui cara berpakaian, PBB, penyelesaian tugas tepat waktu dan pemberian hukuman yang tegas (3) Pelaksanaan kegiatan kepramukaan didukung oleh faktor internal yang meliputi minat, motivasi, kondisi fisik, dan pribadi yang dimiliki siswa. Serta faktor eksternal yang meliputi kurangnya tenaga pembina pramuka, kurang terjalinnya komunikasi yang baik antara guru kelas dengan pembina pramuka, dukungan dan perhatian dari kepala sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; kegiatan; kepramukaan; peningkatan; tata tertib
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Feb 2014 11:54
Last Modified: 19 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27916

Actions (login required)

View Item View Item