Hubungan Antara Motivasi Makan Pasien dan Lama Perawatan dengan Sisa Makan Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Pratidina, Dewi and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Sri Maryani, S.Gz (2013) Hubungan Antara Motivasi Makan Pasien dan Lama Perawatan dengan Sisa Makan Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (591kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

Pendahuluan : Terapi gizi merupakan komponen utama keberhasilan penatalaksanaan DM yang bertujuan untuk mencegah terjadinya komplikasi DM kronis. Masih banyak penderita DM yang belum dapat melaksanakan program diit yang telah diberikan. Hal ini dapat dilihat dengan masih banyaknya sisa makanan pada diit DM. Motivasi makan pasien dan lama perawatan termasuk dalam faktor yang mempengaruhi terjadinya sisa makanan di rumah sakit. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi makan pasien dan lama perawatan dengan sisa makan pasien diabetes mellitus tipe II rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian dilakukan selama 3 bulan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 30 pasien DM tipe II. Sisa makanan diperoleh dengan cara metode Comstock (3 x 24 jam) untuk menentukan sisa makanan, sedangkan data motivasi makan pasien menggunakan kuesioner dan lama perawatan dengan melihat data rekam medis dan menanyakan kepada pasien. Uji statistik yang digunakan adalah pearson product moment Hasil Penelitian : Umur responden sebagian besar (70%) adalah berumur ≥ 45 tahun, jenis kelamin responden sebagian besar (56,7%) perempuan, pendidikan responden sebagian besar (56,7%) berpendidikan dasar. Pekerjaan responden sebagian besar (40%) ibu rumah tangga. Sisa makanan banyak terdapat pada jenis makanan pokok dan sayur sebesar (60%), serta lauk nabati sebesar=(53,3%). Hasil penilaian motivasi makan responden sebagian besar (56,7%) adalah kategori baik, dan lama perawatan responden sebagian besar (53,3%)dalam kategori lama Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara motivasi makan pasien dengan sisa makanan (p= 0,152). Ada hubungan antara lama perawatan dengan sisa makanan (p = 0,041).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lama Perawatan, Motivasi Makan Pasien, Sisa Makanan,
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 11:33
Last Modified: 09 Sep 2022 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27914

Actions (login required)

View Item View Item