Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Piutang Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014

Apriana, Lilik and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Piutang Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (557kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (105kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar, 2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Wonogiri tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 178 siswa dengan sampel 114 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=50,844+0,453X1+0,352X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,217 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,002; 2) ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,335 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,021; 3) ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 59,650 > 3,078 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 58,45% dan sumbangan efektif sebesar 30,3%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 41,51% dan sumbangan efektif sebesar 21,5%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,518 yang berarti 51,8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kemandirian belajar siswa, sisanya sebesar 48,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 09:09
Last Modified: 18 Oct 2021 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27908

Actions (login required)

View Item View Item