Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Melalui Strategi Pembelajaran Time Token Arend Pada Siswa Kelas VII D SMP N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014

Khoiriyah, Khoiriyah and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Melalui Strategi Pembelajaran Time Token Arend Pada Siswa Kelas VII D SMP N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Time Token Arend pada siswa kelas VII D SMP N 2 KartasuraTahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan sikus, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Time Token Arend yang dilaksanakan dalam dua siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktian dan hasil belajar ekonomi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, metode tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Time Token Arend dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan dan hasil belajar ekonomi yang meliputi: 1) keaktifan saat bertanya sebelum tindakan 50% dan setelah tindakan 81,57%, 2) mengemukakan pendapat pada kelompok lain sebelum tindakan 18,42% dan setelah tindakan 39,47%, 3) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 65,78% dan setelah tindakan 100%, 4) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum tindakan 63,15% dan setelah tindakan 100%. siswa yang nilainya mencapai KKM sebelum tindakan 47,36% setelah tindakan 89,47%. Dari data diatas dapat disimpukan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Time Token Arend dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VII D SMP N 2 Kartasura TahunAjaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Time Token Arend, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 08:52
Last Modified: 27 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27907

Actions (login required)

View Item View Item