Hubungan Status Yodium (Tsh, Ft4) dengan Profil Lipid pada Wanita Usia Subur (WUS) di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman

Nugraeni, Riska and , Mutalazimah, SKM., M.Kes. and , Siti Zulaekah, A., M.Si (2013) Hubungan Status Yodium (Tsh, Ft4) dengan Profil Lipid pada Wanita Usia Subur (WUS) di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (609kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)

Abstract

Pendahuluan : Siklus produksi hormon secara umum dikendalikan oleh tiga kelenjar, yaitu kelenjar hipotalamus, kelenjar hipofisis dan kelenjar tiroid. Kelenjar hipotalamus terletak di dalam otak, tepat diatas kelanjar hipofisis. Kelenjar ini menghasilkan TRH. Hormon TRH ini merangsang kelenjar hipofisis untuk memproduksi TSH. Setelah itu TSH akan merangsang kelenjar tiroid untuk mengeluarkan T3 dan T4. TSH dan FT4 akan berpengaruh terhadap kolesterol. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis hubungan status yodium (TSH dan FT4) dengan profil lipid yang meliputi kadar kolesterol total, kadar HDL, kadar LDL, kadar trigliserida pada WUS. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian adalah WUS di Kecamatan Cangkringan Sleman Yogyakarta pada bulan Juli 2011, sebesar 26 sampel. Teknik dalam pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling. Data status yodium (TSH dan FT4) dan profil lipid diukur secara langsung dan identitas responden dari buku register Puskesmas Cangkringan. Analisis hubungan menggunakan uji Pearson Product Monent. Hasil : Karakteristik subjek menunjukkan 38,5% berpendidikan menengah atas, selebihnya tersebar pada pendidikan dasar, menengah pertama dan perguruan tinggi; 34,6% sebagai ibu rumah tangga. Sampel dengan kadar TSH normal sebesar 76,9%. Kadar FT4 normal sebesar 61,5%. Subjek yang memiliki kadar kolesterol total normal sebesar 84,6% ; kadar HDL normal sebesar 98,2%; kadar LDL normal sebesar 42,3% dan trigliserida normal sebesar 100%. Kesimpulan : Hasil uji hubungan antara TSH dengan profil lipid nilai p > 0,05 ; kadar kolesterol total (p=0,512), kadar HDL (p=0,430), kadar LDL (p=0,230) dan kadar trigliserida (p=0,689) serta hasil uji hubungan antara FT4 dengan profil lipid nilai p > 0,05 ; kadar kolesterol total (p=0,951), kadar HDL (p=0,404), kadar LDL (p=0,480), kadar trigliserida (p=0,722) ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status yodium (TSH dan FT4) dengan profil lipid yang meliputi kolesterol total, HDL, LDL dan trigliserida. Saran : Penelitian lebih lanjut dengan jumlah subjek lebih banyak, dengan memperhatikan faktor lain seperti penyakit, kebiasaan dan pola hidup sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: yodium, TSH, FT4, profil lipid, Wanita Usia Subur (WUS)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 07:45
Last Modified: 09 Sep 2022 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27903

Actions (login required)

View Item View Item