Hubungan Antara Asupan Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat Dan Aktivitas Fisik Dengan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Wanita Di Konveksi Rizkya Batik Ngemplak Boyolali

Oktapianti, Yaniar Ike and , Dwi Sarbini, SST, M.Kes and , Wahyuni, SKM., M.Kes (2014) Hubungan Antara Asupan Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat Dan Aktivitas Fisik Dengan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Wanita Di Konveksi Rizkya Batik Ngemplak Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (378kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (406kB)

Abstract

Pendahuluan : Produktivitas merupakan hal yang menentukan tingkat daya saing, baik tingkat individu, perusahaan, industri, maupun tingkat negara. Faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja salah satunya dari asupan zat gizinya. Kekurangan asupan zat gizi protein, lemak, karbohidrat menyebabkan pembakaran ketiga unsur tersebut kurang menghasilkan energi sehingga menyebabkan tubuh menjadi lesu dan menyebabkan produktivitas kerja menjadi rendah. Aktivitas fisik yang berlebihan akan menyebabkan kelelahan pada tenaga kerja, semakin tinggi kelelahan produktivitas kerjanya akan semakin rendah. Tujuan : Mengetahui hubungan antara asupan energi, protein, lemak, karbohidrat dan aktivitas fisik dengan produktivitas kerja pada pekerja wanita di Konveksi Rizkya Batik Ngemplak Boyolali. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah subjek penelitian ini adalah 35 pekerja wanita di bagian produksi (jahit) dipilih dengan metode purposive sampling. Data asupan energi, protein, lemak, karbohidrat dan aktivitas fisik diperoleh dengan menggunakan metode recall. Data produktivitas kerja diperoleh dengan observasi dan wawancara. Uji statistik yang digunakan adalah Rank Spearman. Hasil : Berdasarkan karakteristik subjek yang berumur 30-49 tahun sebanyak 57,1%. Pendidikan dasar sebanyak 91,4%. Pendapatan dibawah UMR sebanyak 94,3%. Status gizi normal sebanyak 62,9%. Asupan energi baik sebanyak 57,1%. Asupan protein baik sebanyak 62,9%. Asupan lemak baik sebanyak 54,3%. Asupan karbohidrat baik sebanyak 51,4%. Aktivitas fisik ringan sebanyak 88,6%. Produktivitas kerja produktif sebanyak 71,4%. Hasil uji statistik untuk asupan energi dan produktivitas kerja nilai p=0,003. Asupan protein dan produktivitas kerja nila p=0,001. Asupan lemak dan produktivitas kerja nilai p=0,015. Asupan karbohidrat dan produktivitas kerja nilai p=0,021. Aktivitas fisik dan produktivitas kerja nilai p=0,06. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara asupan energi, protein, lemak dan karbohidrat dengan produktivitas kerja. Tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan produktivitas kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Produktivitas Kerja, Tenaga Kerja Wanita
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 07:33
Last Modified: 09 Sep 2022 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27902

Actions (login required)

View Item View Item