Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Rasional Dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas I Semester I SMU Negeri Girimarto

Haryanti, Haryanti (2003) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Rasional Dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas I Semester I SMU Negeri Girimarto. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesalahan yang dialami siswa, untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan siswa dan untuk mengetahui tingkat prosentase kesalahan yang dilakukan siswa. Dalam penelitian ini kesalahan yang dilakukan siswa ditinjau dari tiga aspek kesalahan, yaitu kesalahan dalam menangkap konsep atau bahasa, kesalahan prasyarat atau penerapan rumus dan kesalahan dalam menyelesaikan hitungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMU Negeri Girimarto yang berjumlah 126 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara undian, sehingga jumlah sampel 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok yang berbentuk uraian yang terlebih dahulu diujicobakan pada siswa selain sampel penelitian, kemudian di hitung validitasnya dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitasnya dengan rumus alpha. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif maka analisa datanya adalah non statistik atau tabel dengan notasi. Untuk mengetahui tingkat kesalahan tiap jenis kesalahan yang dilakukan siswa, digunakan rumus : P= Tot :Tot+ Tot x 100% Keterangan : P = Prosentase tingkat kesalahan SS = Skor total jawab salah SB = Skor total jawab betul Perhitungan data dalam penelitian ini diperoleh prosentase kesalahan menangkap konsep atau bahasa sebesar 66,54% sehingga tingkat kesalahan tergolong sedang. Prosentase kesalahan aspek prasyarat sebesar 75,94% sehingga tingkat kesalahan tergolong tinggi dan prosentase kesalahan menyelesaikan hitungan sebesar 62,5% sehingga tingkat kesalahan tergolong sedang. Letak kesalahan yang dilakukan siswa ditinjau dari aspek bahasa atau menangkap konsep yaitu kesalahan menafsirkan bilangan pokok a2+1, kesalahan menafsirkan operasi perpangkatan, menyederhanakan bentuk dalam tanda akar, memahami perkalian dalam bentuk akar. Letak kesalahan prasyarat karena kurangnya penguasaan siswa menerapkan rumus diagonal persegi dan kesalahan mengubah bentuk akar menjadi bentuk bilangan pangkat pecahan. Letak kesalahan menyelesaikan hitungan yaitu menghitung hasil perpangkatan, menghitung operasi bilangan positif negatif, dan kesalahan mengalikan bentuk akar. Cara mengatasi kesalahan tersebut adalah memberikan materi secara bertahap sehingga siswa lebih memahami, dan penanaman konsep prasyarat yang harus dikuasai siswa sejak awal dan juga adanya perubahan metode mengajar yang dilakukan guru agar lebih menarik minat siswa untuk memperhatikan pelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bilangan berpangkat rasional dan bentuk akar,tingkat kesalahan siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 06:25
Last Modified: 27 Feb 2014 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27899

Actions (login required)

View Item View Item