Pengaruh Penguasaan Materi Trigonometri Terhadap Kemampuan Menghitung Luas Segitiga (Pada siswa kelas I SMU Negeri I Ceper tahun pelajaran 2003/2004)

Yuliastuti, Anita Dwi (2003) Pengaruh Penguasaan Materi Trigonometri Terhadap Kemampuan Menghitung Luas Segitiga (Pada siswa kelas I SMU Negeri I Ceper tahun pelajaran 2003/2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan materi trigonometri terhadap kemampuan menghitung luas segitiga pada siswa kelas 1 SMUN I Ceper tahun pelajaran 2003/2004, dan jika ada pengaruh, seberapa besar pengaruhnya. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas I SMU Negari I Ceper tahun ajaran 2003/2004. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling cara undian.Variabel bebas adalah penguasaan materi trigonometri dan variabel terikat adalah kemampuan menghitung luas segitiga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk penguasaan materi trigonometri serta kemampuan menghitung luas segitiga dan metode dokumentasi untuk mengetahui data siswa. Teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi. Dari pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dan Freg = 24, 795, diperoleh bawha Ho ditolak. Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara peguasaan materi trigonometri dengan kemampuan menghitung luas segitiga. Serta kontribusi efektif dari penguasaan materi trigonometri terhadap kemampuan menghitung luas segitiga sebesar 39,48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa penguasaan materi trigonometri memberikan sumbangan positif terhadap kemampuan menghitung luas segitiga sehingga untuk memahami materi luas segitiga dibutuhkan penguasaan materi trigonometri khususnya perbandingaan trigonometri yang tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguasaan materi, trigonometri
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 08:39
Last Modified: 26 Feb 2014 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27888

Actions (login required)

View Item View Item