Pengaruh Pengendalian Diri Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Sma Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2003/2004

Khomsah, Nur Hidayatul (2004) Pengaruh Pengendalian Diri Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Sma Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2003/2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengendalian diri, keadaan status ekonomi orang tua dan prestasi belajar matematika baik siswa laki-laki maupun perempuan di SMA 3 Boyolali kelas 2 semester IV. (2) Mengetahui pengaruh pengendalian diri dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika secara bersama-sama maupun sendirisendiri.(3) Mengetahui pengaruh pengendalian diri dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar matematika yang dipengaruhi oleh pengendalian diri dan status ekonomi orang tua antara laki-laki dan permpuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 semester IV yang berjumlah 235. Sampel penelitian berjumlah 120 diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data dari penelitian ini, dikumpulkan melalui motode angket untuk mendapatkan data pengendalian diri dan data status sosial ekonomi orang tua yang difokuskan pada penghasilan diperoleh dari identitas pada lembar jawab angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan terlebih dahulu menguji persyaratan analisisnya. Dari hasil pembahasan data diperoleh bahwa pengendalian diri, status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar matematika siswa kelas 2 semester IV tergolong sedang. Dan dari hasil analisis data dengan a = 5 % dapat disimpulkan : (1) Pengendalian diri dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 3,265 (2) Pengendalian diri berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,555 (3) Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 0,406. (4) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang dipengaruhi oleh pengendalian diri dan status sosial ekonomi orang tua antara laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian diri, status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 08:02
Last Modified: 26 Feb 2014 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27885

Actions (login required)

View Item View Item