Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SLTP N 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2003/2004

Darojati, Siti Marfuah (2004) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SLTP N 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2003/2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (65kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa. (2) Untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh yang signifikan manajemen waktu terhadap prestasi belajar matematika pada siswa. (3) Untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar matematika pada siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SLTP N 1 Terbanggi Besar. Sampel diambil dengan teknik proporsive random sampling. Pengambilan data dengan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika yang digambarkan dengan persamaan Y = 1,38 + 0,079 X1.Berarti semakin tinggi motivasi belajar siswa maka prestasi belajar matematika siswa akan semakin baik juga. (2) Adanya pengaruh manajemen waktu terhadap prestasi belajar matematika yang digambarkan dengan persamaan Y = 2,805 + 0,060X2.Berarti semakin baik manajemen waktu siswa maka prestasi belajar matematika siswa akan semakin baik juga. (3) Adanya pengaruh antara motivasi belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar matematika siswa yang digambarkan dengan persamaan Y = -0,53 + 0,0592X1 + 0,0462X2 dan hasil Freg > Ftab ; 21,49 > 3,25, ini berarti jika motivasi belajar dan manajemen waktu meningkat maka prestasi belajar matematika siswa akan meningkat juga. (4) Sumbangan Relatif (SR%) untuk prediktor motivasi belajar sebesar 47,68%. Sumbangan Relatif (SR%) untuk prediktor manajemen waktu sebesar 52,32%. Sumbangan Efektif (SE%) untuk prediktor motivasi belajar sebesar 25,62%. Sumbangan Efektif (SE%) untuk prediktor manajemen waktu sebesar28,12%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa manajemen waktu mempunyai kontribusi yang lebih besar disbanding motivasi belajar. (5) manajemen waktu mendominasi untuk mendukung siswa SLTP N 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajr, manajemen waktu
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 07:25
Last Modified: 26 Feb 2014 07:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27882

Actions (login required)

View Item View Item