Eksperimentasi Pengajaran Matematika Dengan Metode Demonstrasi Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa (Pada Sisw A Kelas I MTs NU Tirto Pekalongan)

Rusmalia, Rusmalia (2003) Eksperimentasi Pengajaran Matematika Dengan Metode Demonstrasi Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa (Pada Sisw A Kelas I MTs NU Tirto Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok ditinjau dari perbedaan penggunaan metode pembelajaran, (2) Perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok ditinjau dari perbedaan kemampuan awal siswa, (3) Interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I semester II MTs NU Tirto Pekalongan tahun ajaran 2002/2003, yang terdiri dari 4 kelas dengan cacah siswa sebanyak 173 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yaitu seluruh siswa kelas IC dan ID yang diambil secara random sampling terhadap kelas dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode test untuk memperoleh data prestasi belajar matematika pokok bahasan kubus dan balok dan metode dokumentasi untuk mengetahui nilai Ujian Tengah Semester (UTS) yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Variansi Dua Jalan Sel Tak Sama. Pengujian persyaratan analisis dilakukan dengan menggunakan metode Lilliefors untuk uji Normalitas dan metode Bartlett untuk uji Homogenitas. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan : (1) Fhitung = 4,878 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05 berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok yang disebabkan perbedaan penggunaan metode pembelajaran. (2) Fhitung = 67,742 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05 berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok yang disebabkan perbedaan kemampuan awal siswa. (3) Fhitung = 4,611 > Ftabel = 3,96 pada taraf signifikansi 0,05 berarti terdapat interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan metode pembelajaran, metode pembelajaran demonstrasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 06:55
Last Modified: 26 Feb 2014 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27881

Actions (login required)

View Item View Item