Pembelajaran Matematika Dengan Model Contextual Teaching And Learning Pada Pokok Bahasan Pecahan (Pada Siswa Kelas I SMP Negeri 2 Comal

Filosofi, Azwar (2005) Pembelajaran Matematika Dengan Model Contextual Teaching And Learning Pada Pokok Bahasan Pecahan (Pada Siswa Kelas I SMP Negeri 2 Comal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTRA_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran CTL pada pokok bahasan pecahan, 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran CTL pada pokok bahasan pecahan, 3) mengetahui apakah penggunaan metode CTL lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan pecahan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas I SMP Negeri 2 Comal tahun ajaran 2005/2005 dengan kelas IA sebagai sample eksperimen dan kelas IB sebagai sample kontrol. Teknik pengambilan sample dengan cara random sampling cara berkelompok dengan setiap anggota berkesempatan dijadikan sample. Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) metode tes, 2) metode bantu yang meliputi metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan t-tes dengan terlebih dahulu menguji persyaratannya. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: 1) penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) ada perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari metode mengajar yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode CTL lebih baik dengan mean = 5,25 dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional dengan mean = 4,52,3) penggunaan metode pembelajaran CTL lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional dilihat dari prestasi yang diperoleh siswa 3) penggunaan metode CTL pada pokok bahasan pecahan memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa yang berdampak pada meningkatnya prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode CTL, Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 06:40
Last Modified: 26 Feb 2014 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27880

Actions (login required)

View Item View Item