Pembelajaran Matematika Dengan Metode Kooperatif Model Stad Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Panggung 6 Dan SDN Mintaragen I Tegal Tahun Ajaran 2002/2003

Haryanti, Haryanti (2004) Pembelajaran Matematika Dengan Metode Kooperatif Model Stad Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Panggung 6 Dan SDN Mintaragen I Tegal Tahun Ajaran 2002/2003. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Bilangan Pecahan ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran yang berbeda serta untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Bilangan pecahan yang menggunakan metode kooperatif model STAD lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Panggung 6 dan SDN Mintaragen I Tegal semester II tahun ajaran 2002/2003. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD. Sedangkan sampelnya adalah sebagian dari populasi yaitu sebanyak 60 siswa yang diambil secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis datanya menggunakan rumus t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji varianche matching pada nilai raport semester I untuk mengetahui bahwa kedua kelompok berasal dari satu populasi yang mempunyai kemampuan awal sama atau seimbang. Sedangkan uji normalitas diambil dari data nilai tes akhir yang digunakan untuk mengetahui apakah sebaran data dari kedua kelompok sampel tersebut berdistribusi normal. Setelah itu dilanjutkan dengan uji homogenitas pada data nilai tes akhir guna menyebutkan apakah kedua kelompok sampel tersebut berasal dari populasi yang sama. Setelah memenuhi uji prasyarat tersebut, kemudian dianalisis dengan rumus t-test. Dari perhitungan diperoleh = 5,751 hitung t sedangkan untuk = 2,00 tabel t pada taraf signifikan 0,05 dan db = 58. Kemudian pada taraf signifikan 0,01 dan db = 58 didapat harga = 2,66. tabel t Jadi hipotesis yang mengatakan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran yang berbeda diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa antara yang menggunakan metode kooperatif model STAD dengan yang menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan bilangan pecahan siswa kelas IV SD. Efektivitas metode kooperatif model STAD dapat dilihat dari mean kedua kelompok. Dimana mean kelas eksperimen adalah 85,97 dan mean kelas kontrol adalah 70,5. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif model STAD lebih efektif dibandingkan metode konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode kooperatif model STAD
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2014 06:02
Last Modified: 26 Feb 2014 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27878

Actions (login required)

View Item View Item